Menjaga Kesehatan Otak dengan Menu Makanan Sehat


Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang baik untuk tubuh. Oleh karena itu, ikan termasuk salah satu hidangan yang disarankan untuk dikonsumsi dalam paket menu makanan empat sehat lima sempurna. Ada banyak cara pengolahan yang dapat dilakukan pada daging ikan, salah satunya adalah dengan dipepes. Menu makanan sehat yang berupa pepes ikan memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan otak maupun kesehatan tubuh. 

Pepes Ikan dan Manfaatnya

Pepes ikan dibuat dengan cara membumbui dan membungkus ikan (biasanya menggunakan daun pisang), kemudian dikukus hingga matang. Dibanding digoreng, mengolah ikan dengan cara dipepes dapat mempertahankan lebih banyak nutrisi yang terkandung di dalam ikan seperti protein, asam lemak omega 3, dan lain-lain. Sebagai salah satu menu makanan sehat, pepes ikan memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah membantu pembentukan otak, terutama ikan yang mengandung banyak omega 3 seperti ikan buntal, salmon, dan lain-lain. Mengonsumsi omega 3 dapat membantu menyembuhkan gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik anak yang disebut Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Selain dapat membantu menyembuhkan gangguan perkembangan pada anak, mengonsumsi ikan juga dapat mencegah penyakit degradasi fungsi otak yang biasa terjadi pada orang tua, yaitu Alzheimer. Asam lemak omega 3 pada ikan selain dapat membantu perkembangan serta mempertahankan fungsi otak, juga dapat menyehatkan jantung, serta menyehatkan kulit dan rambut. tidak hanya itu, ikan juga mengandung fosfor dan vitamin D yang sangat baik untuk tulang.

Ikan memiliki banyak manfaat sehingga pepes ikan yang merupakan olahannya pun memiliki manfaat yang sama. Jika Anda termasuk orang yang mudah merasa stres, pepes ikan merupakan menu makanan sehat yang dapat dijadikan alternatif. Ini karena orang yang kekurangan asam lemak omega 3 cenderung mudah depresi. Ikan termasuk bahan makanan yang mudah didapat dan dapat ditemui di setiap pasar. Oleh karena itu, Anda dapat mengunjungi pasar menggunakan mobil Daihatsu untuk berbelanja ikan dan bahan lain untuk membuat pepes. 

Comments

Popular Posts